19 July 2024, 16:51 WIB
Last Updated 2024-07-24T15:50:32Z
HeadlineNews

Ciptakan Kondusifitas, Dinas Sosial Berikan Edukasi dan Pemahaman Terhadap Anak Jalanan

Advertisement

KUNINGAN, MH.-


Anak jalanan berikut orang terlantar merupakan fenomena kehidupan dilingkungan sekitar yang perlu kita perhatikan agar mereka bisa diterima oleh lapisan masyarakat.

Hasil pemantauan awak media online MEJA HIJAU disekitar kota Kuningan berikut pedesaan sejumlah anak jalanan dalam aktivitasnya nampak kondusif dan aman sehingga tidak mengganggu lingkungan.

Terkait dengan keberadaan anak jalanan yang tergabung dalam sebuah komunitas berikut orang terlantar, MEJA HIJAU mencoba menghubungi Plt kepala bidang (kabid) rehabilitasi sosial Dinsos Kab Kuningan Ence Hadiat Rohanda, A.KS, M.Si (19/7) mengatakan, seperti yang telah kita ketahui bahwa anak jalanan yang tergabung dalam sebuah komunitas sering mendapat pembinaan dari dinas sosial berupa edukasi dan pemahaman, "biarkan mereka berkreasi ada yang ngamen, berkumpul nyanyi bersama juga begadang sampai malam disudut kota Kuningan dengan tertib tanpa mengganggu masyarkat" ungkap Ence Hadiat Rohanda.

Dikatakannya, bahwa anak jalanan dan orang terlantar (yang kena musibah kehilangan uang atau habis uang diperjalanan) berikut nyasar karena salah naik kendaraan umum pihak dinsos secepatnya mengadakan pertolongan minimal menghubungi keluarga mereka kemudian diberi bekal secukupnya.

Sedangkan untuk anak jalanan apabila ditemukan ada permasalahan, mereka dikunpulkan kemudian diberi pengarahan atau pemahaman dan dikembalikan ke kampungnya masing - masing.

Masih ditambahkan Ence Hadiat Rohanda, dalam kurun beberapa tahun kebelakang pihak dinas sosial sudah membantu masyarakat melalui pelayanan kesejahtraan sosial seperti lansia, fisabilitas, anak berhadapan dengan hukum, wanita rawan ekonomi dan yang lainnya.

"bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhannya, kemudian pihak dinsos mengarahkan terhadap peran mereka karena sifatnya humonis" katanya.

Ketika disinggung awak media terkait dengan orang terlantar yang sudah diamankan, Ence Hadiat Rohanda spontan ia menjawab, langkah awal pihak dinsos meminta KTP mereka kemudian didata dengan tujuan pemulangan antar kabupaten / kota atau antar propinsi, kendala yang dihadapi bagi mereka yang tidak memiliki KTP solusinya orang terlantar tersebut bisa di informasikan melalui WA, "dalam kurun beberapa waktu pihaknya sudah mengembalikan 6 orang terlantar ke keluarganya masing - masing.

Kepala dinas sosial Kab Kuningan DR. H. Toto Toharudin, M.Pd, MH begitu berharap kepada komunitas anak jalanan agar bisa menciptakan ide kreatif baik seni maupun kreativitas lainnya, demikian pula kepada orang terlantar ketika masuk Kab Kuningan agar menghubungi personal dinsos dengan membawa KTP. (Anton) ***