24 July 2024, 22:28 WIB
Last Updated 2024-07-25T01:24:48Z
HeadlineOpini

Pejabat Usia Muda Jangan Belajar Jadi Koruptor

Advertisement

Oleh : Anton Sunanton Jurnalist Kab.Kuningan

WALAUPUN SEJUMLAH pakar banyak yang berpendapat bahwa korupsi adalah sebuah kebudayaan yang negatif dan terjadi secara turun - temurun dan sampai kapanpun pasti akan terjadi seperti apa lalu bagaimana ??

Mudah - mudahan pernyataan tersebut diatas tidak terjadi menimpa pejabat yang usianya masih muda, sebagai penulis saya secara pribadi juga secara kelembagaan begitu berharap perbuatan melanggar hukum seperti korupsi harus dihindari oleh rekan - rekan pejabat diusia muda terutama bagi mereka yang bertugas di daerah.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa korupsi terjadi ketika ada kesempatan ditambah si oknum pejabat tersebut ditekan oleh istrinya atau istri simpanannya dalam hal tuntutan materi, sehingga terjadilah oknum pejabat tersebut nekad maling uang negara ditambah faktor keturunan dari orang tuanya sebagai maling, itulah cikal bakal terjadinya korupsi baik ditingkat daerah maupun sampai pusat, penulis harapkan kepada sahabat para pejabat yang usianya masih muda untuk tidak tergiur dengan memanfaatkan kewenangan sebagai pejabat.

Berbicara tentang dunia koruptor sepertinya tidak akan habis dibahas dalam setiap waktu, adanya lembaga penegak hukum yang menindak tikus - tikus berdasi sepertinya mereka tidak takut dengan alasan "yang penting berbuat korup atau maling tidak ketahuan" itulah sederet kalimat yang jadi nyali si oknum untuk berbuat nekad.

Mudah - mudahan dengan sebuah tulisan yang sangat sederhana ini begitu bermanfaat bagi calon pejabat juga bagi pejabat berusia muda. Diharapkan senior kita yang sekarang menjadi penghuni penjara karena korup jangan diikuti oleh rekan - rekan pejabat berusia muda. ***