27 September 2024, 13:54 WIB
Last Updated 2024-09-27T06:54:22Z

Pekerjaan Perbaikan Tebing MAN Kota Banjar, Dihentikan

Advertisement

 



Banjar mejahijau.net
Pekerjaan Perbaikan Tebing Lingkungan MAN Kota Banjar, dihentikan sementara. Pelaksana pekerjaan proyek bronjong, Yudi mengatakan, untuk sementara aktivitas para pekerja dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan karena debit air sungai naik.

"Tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan Bronjong, karena ada kemungkinan hanyut terbawa arus air sungai Citanduy, dan kita akan Menunggu arahan tehis dari pihak OP, apakah titiknya dipindah atau masih disitu," kata dia. Kamis 26/9/2024

Adapun Bronjong yang sudah terpasang kata dia, baru enam set dengan kondisi baru di isi setengah setiap set nya, 

"Sehingga muncul estimasi kerugian kurang lebih 10 juta dari mulai matrial, langsiran dan upah pemasangan Bronjong," ungkapnya

Kemudian, tambah Yudi, terkait papan anggaran sudah terpasang pada Rabu sore. Yudi mengaku, ada keterlambatan pada proses pencetakan banner.

Sementara itu, pekerjaan tersebut diduga kurang matangnya perencanaan, sehingga pekerjaan terhambat oleh debit air yang tinggi. 

Padahal hal tersebut seharusnya bisa diantisipasi dengan menjadwalkan pada musim kemarau saat debit air rendah. Sedangkan untuk volume kegiatan sendiri tidak maksimal ,seharusnya penanggulangan bencana sehingga hasilnya bisa maksimal.

Sebelumnya dikabaran, Pekerjaan proyek bronjong di duga abai dengan keterbukaan informasi publik (KIP). Bukan hanya itu, para pekerja pun tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Proyek pemerintah dengan panjang 28 meter, tinggi 7 meter dan lebar 3,5 meter itu berlokasi di Kelurahan Banjar, kecamatan Banjar, Kota Banjar Jawa Barat.

Terkait papan informasi, Rifki mengatakan, karena pekerja tersebut bersifat sewakelola.

"Biasanya tidak memasang papan proyek," ujarnya. 

"Kecuali, pekerjaannya kontraktual itu harus memampangkan papan proyek," Rifki menambahkan. DU