06 October 2024, 07:22 WIB
Last Updated 2024-10-06T00:22:09Z
HeadlineNewsPendidikan

Peserta Didik Dari TK Sampai Perguruan Tinggi Siap Sukseskan Mulok Gunung Ciremai

Advertisement

KUNINGAN, MH

Walaupun pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tentang mulok (muatan lokal) gunung Ciremai akan dilaksanakan secara efektifitas pada tahun 2025 mendatang namun kegiatan sosialisasi sudah dilaksanakan oleh sekolah dan sejumlah perguruan tinggi swasta di seluruh Kabupaten Kuningan.

Menurut Kadisdikbud Kabupaten Kuningan, Uu Kusmana, S.Sos, M.Si pihaknya sangat apresiasi setelah mengadakan rapat di Cirebon tentang mulok gunung Ciremai kemudian rapat dengan para kepala sekolah dari mulai TK, SD, SMP, SMA / SMK berikut perwakilan dari perguruan tinggi dan langsung mereka tancap gas memberikan kegiatan sosialisasi dengan materi seadanya.


Masih jelas Uu Kusmana, bahwa kurikulum mulok gunung Ciremai efektifnya akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang, adapun yang sedang dipersiapkan adalah bahan materi pelajaran / perkuliahan sesuai dengan usia peserta didik, kurikulum, kesiapan guru atau dosen yang akan memberikan materi dan yang lainnya.

Ketika disinggung awak media online Meja Hijau net tentang implementasi mulok gunung Ciremai terutama dalam pemberian materi, spontan ia menjawab, "untuk TK, SD, SMP berikut SMA / SMK lamanya KBM satu pelajaran sedangkan untuk di perguruan tinggi lamanya belajar satu SKS" tambahnya.

Apabila mulok gunung Ciremai betul - betul dipahami oleh siswa dan mahasiswa seutuhnya, muatan lokal tersebut akan membawa perubahan baik terhadap alam lingkungan gunung Ciremai maupun pola pikir dan wawasan para peserta didik untuk memahami semuanya yang diberikan oleh para guru berikut dosennya. (Anton) ***